Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata brand. Ketika mendengar kata brand kita langsung berpikir ke produk tertentu dan juga sering diasosiakan kepada logo, packaging, iklan, dll.
Kata branding sudah tidak asing di telinga kita. Namun sebenarnya apa sih branding itu?
Branding berasal dari kata bahasa inggris, brand yang memiliki arti merek. Menurut KBBI merek adalah " tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik, produsen, dan sebagainya) pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal; cap (tanda) yang menjadi pengenal untuk menyatakan nama dan sebagainya".
Kalau menurut kamus oxford brand adalah " jenis produk, layanan, dll. yang dibuat atau ditawarkan oleh perusahaan tertentu dengan nama tertentu".
Bagaimana guys? Apakah dimengerti? Pasti bingung kan... hehe..
Intinya brand adalah nama dari sebuah produk misalkan ada produk biskuit yang sangat terkenal seperti Khong Guan. Atau nama produk smartphone seperti Xiaomi. Atau produk lampu seperti Philips, dsb
Nah, terus kalau branding itu apa?
Branding adalah kegiatan untuk memberi identitas kepada sebuah produk yang kita miliki dengan nama, logo, simbol, dll untuk membedakan bisnis kita dengan bisnis orang lain. Sehingga branding adalah kegiatan yang sangat penting untuk bisnis kita karena digunakan untuk membedakan dengan bisnis orang lain.
Terus fungsinya apa?
Branding digunakan untuk memberi identitas kepada produk kita. Memberikan image atau citra kepada masyarakat terhadap produk atau bisnis kita. Diharapkan dengan kegiatan branding ini, diharapkan masyarakat bisa mengingat produk atau bisnis kita dengan mudah.
Jenis-jenis branding apa aja sih?
(sumber: https://www.jurnal.id)
a. Product branding
Adalah jenis branding yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.
b. Personal branding
Merupakan alat pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.
c. Corporate branding
Semua aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding sangat penting untuk menngembangkan reputasi perusahaan di pasar.
d. Destination branding
Memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Jadi saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.
e. Cultural branding
Mengembangkan reputasi tentang lingkungan dan orang-orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.
Manfaatnya emang apa?
Manfaat branding sangat banyak diantaranya
- Memberikan daya tarik bagi konsumen.
- Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.
- Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
- Peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
-
Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.
Banyak sekali manfaat dan kegunaan dari branding. Sehingga sebuah perusahaan pasti membutuhkan branding bagi perusahaannya untuk mendongkrak sales atau meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat shingga masyarakat akan mengingat-ingat produk atau perusahaan kita.
Neon box adalah salah satu alat yang digunakan untuk branding. Dengan neon box yang menarik, diharapkan masyarakat akan mengingat perusahaan atau produk Anda. Percayakan pembuatan neon box kepada kami. Kami sudah berpengalaman selama 9 tahun dan sudah terbiasa mengerjakan proyek-proyek besar.
Segera miliki produk neon box dari Langit Karya dengan menghubungi nomor 0878 3773 22373 atau klik disini
Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website kami
https://langitkarya.idhttps://langitkarya.id
0 Komentar